Sun Wukong, Si Raja Kera pembuat onar.

Sun Wukong, atau biasa dikenal dengan nama Monkey King adalah hero terbaru yang dirilis di Dota 2. Monkey King sendiri adalah makhluk legenda dari literatur terkenal China yang berjudul "Journey to the West" (Perjalanan ke Barat). Dan dengan beberapa "editan" di bagian Lorenya, akhirnya Sun Wukong resmi menjadi Hero Dota 2.


Sun Wukong, si monyet satu ini sudah cukup terkenal di Indonesia karena dahulu bagi generasi 90-an pasti ga asing lagi dengan film ini di Televisi. Meskipun Wukong sangat terkenal di dunia game (Wukong telah ada di game seperti Dota lainnya, contoh LoL, HoN, VainGlory dll) namun membutuhkan waktu lama bagi Icefrog untuk menambahkan hero ini di DOta 2. Tapi kali ini kita ga ngebahas soal itu, karena yang akan kita bahas disini adalah Lore si kera pembuat onar ini. Yok langsung saja di cek.



Lore :


Sun Wukong, the Monkey King


Selama 500 tahun sebuah gunung telah dibebankan kepadanya. Hanya kepalanya saja yang bebas dari penjara gunung yang dibuat oleh para dewa untuk menahan pemberontakannya yang kekanak-kanakan. Lumut-lumut menutupi wajahnya, rumput pun tumbuh dqri dalam telinganya. Matanya dikelilingi oleh bunga-bunga liar yang tumbuh dari tanah yang mengelilingi pipinya. Banyak yang mengira ia sudah mati. Disiksa oleh para dewa karena ia mengajukan tantangan untuk berperang melawan langit. Namun legendanya bertahan, Monkey King tidak akan pernah mati.

Jadi dia tetap menunggu. Menunggu hingga para dewa menawarkan untuk menebus kesalahannya.
Dan saat dewa mengqjukan harga yang harus dibayar Sun Gokong untuk bebas, dia pun menerima. Dia harus menemani seorang  biksu muda dalam perjalanan rahasia. Melindungi dia dari setan dan bahaya di perjalanan, dan memandu si biksu muda dalam perjalanan pulangnya membawa benda keramat. Lakukan itu semua dan patuhi perintah si biksu muda di perjalanan, dan Wukong bisa terbebas dari penjara.

Wukong pun memenuhi sumpahnya dengan penuh hormat, dan menebus dosanya di masa lalu. Sang biksu muda mendapatkan pelajaran di perjalanan, sampai di rumah dengan selamat dann juga membawa benda keramat di tangan-- dan Wukong menemukan dirinya berdiri tegak dihadapam para raja tanpa membuat masalah. Dia merasa puas untuk beberapa saat dan meninggalkan ambisinya untuk berpetualang dan mendapatkan kejayaan. Namun ini semua tidak berlangsung lama, Monkey King dilahirkan untuk , dan menantang para dewa adalah sesuatu yang menyenangkan.




Kesimpulan dari Lore diatas :


Wukong, si raja kera. Dipenjara oleh para dewa dengan penjara istimewa. Jika penjara biasa berbentuk seperti ruangan, penjaranya Wukong itu gunung. Bukan gua di kaki gunung, bukan. Tapi gunung yang diletakkan di atas pundaknya dan Wukong harus menahan beban gunung itu selama 500 tahun. Sekujur badannya dikubur, kecuali wajahnya. Dan karena 500 tahun itu waktu yang cukup lama, lumut, rumput dan bunga-bunga pun tumbuh menghiasi wajah Wukong. Dia dihukum oleh para dewa karena dia udah berani menantang dan mengajukan perang dengan langit. Langit disini adalah dunia para dewa.

Banyak yang mengira si Wukong udah mati, tapi nggak, raja kera itu abadi. Dia ga akan pernah mati. Kenapa dia ga bisa mati? ada bagiannya di bawah,

Wukong pun menunggu dan menunggu. Hingga para dewa menawarkan sesuatu untuk menebus kesalahannya. Tawaran pun datang. Dia akan dibebaskan jika dia menerima dan berhasil melaksanakan sebuah tugas. Tugasnya yaitu menemani dan menjaga biksu muda dalam perjalanan rahasia. Dia juga harus mengawal dan memandu si biksu yang akan membawa benda keramat di perjalanan pulang. Dan juga Wukong harus mematuhi perintah si biksu di perjalanan.

Singkat cerita, perjalanan si biksu berakhir. Si biksu mendapatkan pelajaran dari perjalanan, dia selamat sampai di rumah dan benda keramat pun juga aman. Dan Wukong dengan ini berhasil menebus kesalahannya dan dibebaskan dari penjara gunung. Untuk pertama kalinya Wukong bisa bersikap secara sopan di hadapan para dewa. Dia juga merasa puas dan tidak lagi ingin mewujudkan mimpinya untuk berpetualang dan mendapstkan kejayaan. Namun ini semua tidak berlangsung lama, raja kera dilahirkan untuk membuat onar, dan menantang para dewa adalah sesuatu yang sangat menyenangkan.





Beberapa fun facts tentang Sun Wukong :

  • Senjata Sun Wukong bernama Jingu Bang. Dan sesuai legenda, dia bisa merubah ukuran senjatanya sesuka dia.
  • Wukong adalah hero melee dengan attack range terbesar yaitu 300 range. Bahkan melebihi TA. hero range yang attack rangenya cuman 125 tanpa psi blades. Kemungkinan buat nyesuaiin lorenya Jingu bang yang bisa memanjang dan memendek. 
  • Namanya juga kera pembuat onar. Monkey King punya respon untuk hampir seluruh hero dota 2. dia punya respon untuk mengadu domba CM dan saudaranya Lina, 
  • Senjatanya Wukong juga dikenal dengan Monkey King Bar. Terus apakah monkey King bar nya Wukong dan MKB yang dijual di secret shop adalah benda yang sama? Di salah satu quotenya Monkey King, cuman sang raja yang bisa memakai MKB 
  • MKB yang dijual di secret shop adalah MKB kw 1 made in china. 
  • Di video teasernya (Link di bagian bawah), Wukong menghajar Beastmaster dengan mudahnya, namun di dalam game, Beastmaster adalah salah satu counter terbaik buat Monkey King. Kapak terbang buat motong pohon tempat Wukong nongkrong. Elang buat ngelihat Wukong, dan babi buat ngekite si Wukong. 



Sun Wukong skill's lore



Boundless Strike
Boundless Strike icon.png

Jingu Bang yang legendaris bisa membesar dan mengecil sesuai keinginan tuannya, meyakinkan supaya tak ada satupun musuh yang luput dari jangkauannya

Disini dijelaskan bahwa nama asli Monkey king bar itu adalah Jingu Bang, dan Jingu Bang ini bisa membesar dan mengecil sesuai keinginan si Wukong. Dan ini juga menjelaskan kenapa hero melee kayak Wukong bisa punya 300 attack range.

  • Coba perhatiin Wukong pas auto attack, kalau lawannya masih dalam range melee normal (150 range) ukuran Jingu Bang kayak biasa, tapi kalau lawannya jauh (300 range) Jingu Bang akan memanjang.



Tree Dance
Tree Dance icon.png
Sun Wukong menari dengan lincah di atas pohon, jauh dari jangkauan tangan siapapun. 

  • Hero pertama di Dota yang bisa gelantungan di pohon. Namanya juga kera. Pohon habitat asli mereka.



Primal Spring

Primal Spring icon.png

Meloncat dari tempat aman ke tengah-tengah musuh, Sun Wukong menyerang tanpa belas kasihan.


  • Lore buat skill ini cuman ngejelasin gimana Primal Spring bekerja, ga sda info yang khusus disini. 
  • Gambar yang ada di tanah saat Monkey king menggunakan Primal Spring dinamakan Bagua dalam bahasa China yang berarti "delapan simbol" atau secara keseluruhan ini juga biasa disebut dengan lingkaran keramat
Sebelah kiri adalah Baguanya Monkey King, dan sebelah kanan adalah bagua asli lengkap dengan yinyang
  • seluruh lambang yang ada di Primal Springnya Monkey King identik dengan Bagua asli, yang membedakan cuman lambang Yin dan Yang di tengah.
  • Masih belum ada keterangan lebih lanjut dari Valve tentang apa arti lingkaran yang ada di Primal Springnya Monkey King.


Jingu Mastery
Jingu Mastery icon.png

Selalu sensitif terhadap mood tuannya, Jingu Bang memberikan kekuatan tambahan saat Wukong berada dalam kondisi paling bagus

  • Jingu Bang itu bukan senjata biasa. Jingu Bang ini seperti memiliki jiwa tersendiri. Memiliki mood yang berubah-rubah, sesuai dengan moodnya Wukong
  • Dan di dalam komiknya, Wukong mendapatkan Jingu Bang setelah menyelam ke dasar laut dan bertarung dengan Tidehunter.



Wukong's Command
Wukong's Command icon.png
Wukong menarik beberapa helai dari bulunya lalu meniupkann bulu-bulu tersebut ke lawannya. Lalu tiap-tiap bulu berubah menjadi replika dari Wukong.

  • Jadi ilusinya Wukong ini berasal dari bulunya, masih sesuai dengan cerita aslinya.
  • Saat Wukong ngecast ultinya, dia bakal mencabut beberapa helai bulunya lalu meniupkannya dan muncullah replika-replika Wukong di tanah.
  • Musik yang terdengar saat durasi Ultinya Wukong adalah, tidak salah lagi, itu adalah musik tari kecak dari Bali.


More Lore about Wukong

Lorenya Wukong ga berhenti sampai disini aja, khusus untuk Wukong, di post kali ini akan ada tambahan yaitu pembahasan komik Wukong yang dirilis langsung oleh Valve. Valve bahkan merilis ga cuman satu, tapi dua komik untuk menjelaskan lore si  pembuat onar yang satu ini.

Yang pengen baca komiknya langsung bisa cek di Sini 

Komik pertama bercerita tentang kegiatan Wukong sebelum terlibat dalam pertarungan dua ancient.


Kegiatan Wukong sebelum bergabung dalam perang dua Ancients.

Di komik yang berjudul New Journey ini Wukong adalah seorang petarung. Tapi petarung jadi-jadian. Jadi-jadian disini maksudnya Wukong ga bener-bener bertarung, cuman rekayasa untuk mendapatkan uang. Dan pekerjaan Wukong lebih tepatnya yaitu pemain teater. Rekan kerjanya bernama Breklin.


Di Teater ini Wukong merupakan petarung terkuat, karena memang udah dirancang oleh pemilik teater. Di gambar di atas, Breklin yang berkulit biru dan si pemilik teater yang di sebelah kanan.


Awalnya Wukong sama sekali ga berencana untuk bertarung di dalam teater ini, namun dalam perjalanan menuju pertarungan para ancients, dia melihat selebaran dan berfikir

"Kenapa aku tidak membuktikan bahwa aku adalah yang terbaik dalam hal lain?"

Dan menjadi "pemeran teater" ternyata cukup menyenangkan juga, pikir Wukong.

Setelah bekerja di teater dalam waktu yang cukup lama, salah seorang kenalan lama Wukong, yaitu Broodmother, datang ke sesi tanda tangan Wukong yang diadakan di bar "The sundered Moon", Broodmother menunjukkan kekecewaannya karena Wukong lebih memilih untuk menjadi aktor daripada mengikuti perang para Ancients,

Namun untuk saat ini Wukong ga peduli.

Esoknya, ternyata si bos teater menyiapkan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Kalau hari-hari sebelumnya Wukong berpura-pura bertarung dengan Breklin, kali ini si bos menyiapkan pasukan zombie untuk melawan Wukong, dan zombie-zombie itu berhasil dikalahkan dengan mudah oleh duet Wukong dan Breklin.

Namun setelah peristiwa ini, Wukong memutuskan untuk cabut dari teater dan bergegas menuju perang dua Ancients,..

Akankah Breklin menjadi calon hero selanjutnya di Dota 2?


Legenda Si raja kera



Legenda Raja kera. Komik ini menjelaskan tiga hal, yaitu darimana Wukong mendapatkan Jingu Bang, kenapa dia bisa menjadi abadi dan ketidakadilan yang diterima Wukong karena dia menjadi abadi. Dan juga teaser hero baru dari Valve.


Asal muasal Jingu Bang

Dahulu kala, Monkey King mengelilingi dunia untuk mencari senjata yang pantas untuknya. Dia mencari di udara, darat dan laut. Dan akhirnya ia bertemu dengan Tidehunter.


Dan Tide berkata "Senjata yang pantas untuk seorang warrior sepertimu adalah Jingu Bang, tapi sayang, Jingu Bang telah hilang di tempat terkelam di samudra, yaitu dark reef prison"

Dark Reef Prison adalah tempat dimana Slark dipenjara, kalau baca One Piece, ini mirip Impel Down.

Akhirnya Monkey King berenang menuju Dark Reef Prison. Jingu Bang ternyata memang tertancap disana.
Tapi meskipun memang Jingu Bang ada disana, Tidehunter nggak menjelaskan bahwa Jingu Bang ini adalah kunci dari Dark Reef Prison Setelah Monkey King mendapatkn Jingu Bang, Dark Reef Prison terbuka, dan seluruh tawanannya kabur. Para kriminal terjahat, terkuat dan terkejam yang dipenjara akhirnya bisa menghirup udara bebas. Tapi sayangnya, semua tidak bertahan lama. Kekacauan itu berhasil dikontrol dengan baik oleh Monkey King. tiga lusin kriminal berbahaya berhasil di atasi oleh Wukong.
Namun hal ini bertolak belakang dengan lorenya Slark. Di dalam lorenya, Slark adalah mantan napi yang berhasil kabur dari Dark Reef Prison, Slark memimpin para tahanan untuk menjalankan Prison breaknya. Dan di komiknya Wukong, kita bisa melihat siluet Slark berenang saat Wukong menarik Jingu Bang.


Di gambar di atas, yang dilingkari warna merah di sebelah kiri adalah Dark Reef Prison, dan yang lingkaran sebelah kanan seperti siluetnya Slark


Sumber keabadian Monkey King

Raja Kera ini abadi. alias dia nggak bisa mati. Lalu darimanakah sumber keabadiannya? apakah dia tuhan seperti Zeus? salah satu anggota the Fundamental? atau dia tahu ilmu sihir keabadian seperti Invoker? apakah dia zombie seperti Undying? atau dia meminum ramuan keabadian?

Wukong memperoleh keabadiannya dengan cara yang cukup unik, yaitu dengan cara merobek namanya dari "Book of Life and Death" Buku tentang kehidupan dan kematian.

Jadi dahulu kala sebelum Monkey King memperoleh keabadiannya, dia telah mati sekali. Di dunia Dota, semua hero yang mati jiwanya akan dikurung di Narrow Maze sebelum menuju perhentian selanjutnya.

Narrow Maze dijaga oleh Razor dan Visage. Dan disini semua jiwa disiksa sesuai dengan perbuatannya sewaktu masih hidup. Namun di dalam Maze ini, jiwa yang terperangkap bisa diambil kembali dan jiwa yang mati bisa hidup lagi.

Dan saat semua hero berusaha mengambil kembali jiwa mereka yang terperangkap, Wukong malah menantang razor dan berusaha tidak hanya mengklaim kembali jiwanya, namun merobek namanya dari Book of Life and Death sehingga dia nggak bisa balik lagi ke Narrow Maze. Dengan kata lain, Wukong menjadi abadi.



Konspirasi hero baru dan ketidakadilan yang dialami Wukong.

Ulah Wukong yang merobek namanya dari Book of Life and Death membuat spirit bersaudara geram. Merobek namanya dari Book of Life and Death berarti sama dengan Wukong kabur dari "lingkaran kehidupan", (lingkaran kehidupan disini adalah  perjalanan dari lahir --> hidup --> hidup --> mati --> dan terlahir kembali. dengan menjadi abadi, berarti Wukong telah melanggar lingkaran kehidupan ini)

Akhirnya para spirit bersaudara berkumpul dan mendiskusikan apa yang harus dilakukan terhadap Wukong.

Dan ternyata Spirit bersaudara ga cuman tiga, ternyata ada empat. Yang kita tahu cuman Ember yang berwarna merah (Api), Storm yang berwarna biru (petir) dan Earth yang berwarna hijau (tanah), namun di komik ini ada siluet keempat yang bisa dibilang berwarna ungu.


Di gambar di atas, spirit keempat berada di pojok kanan atas. pojok kiri atas udah jelas itu ember, kanan bawah itu storm dan kiri bawah itu earth. Dan warna dari Spirit keempat adalah ungu.

Ada beberapa kemungkinan tentang elemen apa yang akan diwakili oleh spirit keempat.
Spirit keempat bisa jadi metal, angin, kematian dan langit.

Pembahasan lebih lanjut bakal gw bahas di post lain.

Lanjut ke ceritanya Wukong, meski Wukong seorang petarung legendaris, namun dia tidak mampu melawan kekuatan alam. Akhirnya Wukong dilempar ke dalam Eternal furnacenya Ember spirit.

Di sini dia dibakar selama 49 hari, bukannya Wukong menyerah, dia malah menjadi lebih kuat.

Wukong menganggap ini ketidakadilan karena cuman dia yang diadili karena menjadi abadi. Sedangkan Lich, Invoker, Rubick, Undying dan hero lainnya tidak dihukum..


Namun ingat, ga semua cerita tentang Wukong benar, karena Wukong sendiri bilang seperti ini :

  • Play There's a lot of stories about Monkey King. Some of em arent even true (Ada banyak cerita tentang Monkey King. Beberapa diantara mereka bahkan cuman bohongan)






Seharusnya ada quote sebelum ditutup, tapi karena quote si Wukong ini bener-bener banyak, buat dia kayaknya ga ada quote dulu, namun quote Wukong paling favorit yaitu ada di video teasernya :

  • Over the course of my Journeys, ive been called many things. A warrior, an animal, a trickster, from all of the names ive been called, one always remain my favourite, King 
  • Di sepanjang perjalananku, aku diberi berbagai macam julukan. Seorang petarung, binatang, penipu. Dari semua nama yang ada, cuma satu panggilan favoritku, King.



Segitu dulu Post tentang si Raja kera, next post gw bakal ngebahas salah satu hero yang paling banyak di request, yaitu Invoker!!! stay tune!


Jangan lupa buat ngelike FP  facebook.com/hiimuradota/
Supaya nggak ketinggalan update terbaru dan juga beberapa info2 maupun video singkat yang nggak bakalan ada di blog.

14 comments:

  1. Mantab! Udah lumayan lama banget nunggu ni blog update Gan,
    Request Invoker dong Gan Kalo bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah selalu nunggu gan. Invoker langsung habis ini gan

      Delete
  2. Semangat gan 👍👍😏

    Good job lah

    ReplyDelete
  3. Kalo diliat dari arcananya MK yg ada empat macem tuh, kyaknya spirit brother satunya elemen langit

    ReplyDelete
  4. Keren keren~
    Ditunggu untuk info selanjutnya dari spirit bersaudara, good work..

    Thanks :)

    ReplyDelete
  5. Spirit ke 4 itu vengeful spirit.. Liat aja vengeful spirit punya aura aura ungu..

    ReplyDelete
  6. ​​​​​​​​​​​​​​Kami dari asiadominoqq.com , menyediakan 7 permainan Poker Online seperti :
    - Poker
    - Domino
    - Capsa susun
    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Poker
    - Sakong

    Dengan bonus menarik:
    - Promo bonus Turnover 0.5%
    - Promo bonus refferal 20%

    Info lebih lanjut hubungi 
    Kontak ASIADOMINOQQ
    BBM = D86C03A1
    LINE = asiadominoqq
    WECHAT = asiadominoqq
    WA = +85592985424
    EMAIL - asiadominoqq@GMAIL.COM
    atau bisa ke LIVECHAT kami yang online 24jam

    ReplyDelete
  7. "Selamat Datang Di DewaAduQ, Dilayani Oleh Customer Service yang siap melayani anda selama 24jam Non-Stop loh bos
    dan dengan tingkat kemenangan hingga 94% bos
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    ☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆*1 User ID untuk 7 game*☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Minimal Deposit kami Hanya sebesar Rp 10.000,- & Minimal Withdraw kami Rp 20.000,-
    HOT PROMO wwwDewaAduQcom yaitu :
    ⇨ BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP Harinya ( jam 14.30 wib )
    ⇨ BONUS REFERRAL 20% SEUMUR HIDUP
    ⇨ BCA - Mandiri - BNI - BRI - Danamon
    Ayoo Segera Bergabung dengan kami Hanya di:
    Link resmi : wwwDewaAduQcomLink alternatif : wwwDewaAduQnet"

    ReplyDelete
  8. Selamat Datang Di 7LiveBet Situs Betting Terbaik Dan Terpercaya
    Dapatkan Hot Promo Hanya Di 7LiveBet(.)COM :
    * HOT PROMO NEW MEMBER
    * BONUS TURNOVER POKER 0.3%
    * BONUS CASHBACK SPORTBOOK 15%
    * PROMO UANG TUNAI 5JT
    * BONUS REFERRAL 5% SEUMUR HIDUP
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI
    Link Resmi : www(.)7LiveBet(.)com
    Link Alrternatif : www(.)7LiveBet(.)Asia

    UNTUK INFO SELENGKAPNYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    PIN BBM DC71D9A0
    LINE : 7LIVEBET
    WECHAT : 7LIVEBET
    WA +6281271235854
    LIVECHAT 24 JAM

    ReplyDelete
  9. Artikel yang sangat Bagus dan Bermanfaat.. Update terus dan sukses selalu ya Gan
    Cek Juga di WWW.TOGELSGP88.COM
    1 USER ID SUDAH BISA BERMAIN SEMUA PERMAINAN :
    SPORTBOOK, TOGEL, LIVE CASINO, POKER, SABUNG AYAM, SLOT GAME, TEMBAK IKAN, TANGKAS :
    Promo Terbaru dari TOGELSGP88
    - Minimal Deposit Rp 50.000
    - Minimal Withdraw Rp 50.000
    - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTBOOK
    - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
    - BONUS DEPOSIT 10% ALL-GAMES
    - BONUS DEPOSIT SABUNG AYAM 10%
    - BONUS CASHBACK MIXPARLAY 100%
    - BONUS ROLLINGAN LIVECASINO 0.8%
    - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
    - BONUS REFFERAL 1%
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT TOGELSYD88.COM 24 JAM ONLINE
    Pin BBM : D8DC9CC9

    ReplyDelete
  10. Susah cari Situs judi online yang bisa di percaya...?
    Mari gabung di AGEN BANDARQ TERBAIK
    Bonus Refferal 20%
    Bonus Turn Over 0,5%
    Agen Judi Online Terbesar dan Terpercaya se asia
    Daftar dan buktikan sendiri sekarang juga..
    WHATSAPP : +855967646513
    PIN BB : 2B382398

    ReplyDelete
  11. Mau menang banyak dengan modal sedikit..
    Ayo gabung di Agen Domino NAGAQQ.
    =>Bonus Refferal 20%
    =>Bonus Turn Over 0,5%
    =>Min Deposit Rp 15.000
    =>1 User ID 4 Games
    Situs yang bisa memberikan kemenangan AGEN BANDARQ TERBAIK
    Raih kemenangan anda segera...
    WHATSAPP : +855967014811
    PIN BB : 2B209F68

    ReplyDelete

Powered by Blogger.