Invoker, the Arsenal Magus, si penyihir tua jenius yang arogan

Invoker, salah satu penyihir paling berbakat yang pernah ada di dunia Dota 2, memiliki ilmu sihir yang jauh lebih banyak dari hero-hero dota kebanyakan. Namun sayang, karena ilmunya yang tinggi dan nggak ada yang bisa menyaingi bakatnya dalam sihir, Invoker menjadi penyihir yang sombong dan arogan.


Invoker atau yang biasa disebut dengan nama Carl, adalah satu-satunya penyihir jenius di dunia Dota 2. Menguasai tak kurang dari sepuluh spell saat yang lain cuman bisa maksimal empat. Namun karena kejeniusannya inilah dia menjadi penyihir paling sombong dan arogan di Dota. Di dalam game Invoker termasuk hero yang mudah dipelajari namun susah untuk dikuasai. Invoker salah satu hero yang sering di pick, tapi winratenya bisa dibilang rendah di MMR di bawah 4k. Lah, kok ngebahas MMR? Yok langsung ngebahas lore tentang si penyihir yang satu ini.



Lore :

Invoker
Invoker

Play Im a beacon of knowledge blazing across the black sea of Ignorance (Aku adalah lentera ilmu pengetahuan yang menyinari laut hitam yang penuh dengan kebodohan)


Dahulu kala, di masa sihir pertama kali diciptakan, atau bisa dibilang masa dimana sihir merupakan senjata terkuat, sihir pada hakikatnya adalah "seni ingatan" (Seni dalam mengingat sesuatu). Sihir tidak membutuhkan teknologi, tongkat atau alat apapun selain pikiran dan batin dari sang penyihir itu sendiri. Segala macam bentuk ritual tidak lain hanyalah alat pengingat, cuman untuk membantu penyihir mengingat kembali mantra-mantra spesifik yang dibutuhkan untuk menciptakan sebuah mantra. 

Mage terkuat di masa itu adalah mage yang memiliki ingatan yang paling hebat. Mage yang bisa mengingat dan merapalkan mantra-mantra rumit. Mage yang fokus dan mencurahkan hidupnya untuk mempelajari ilmu sihir bisa berharap untuk mengingat tiga mantra dalam hidupnya, paling banyak empat. Penyihir biasa bisa mengingat dua mantra, dan bagi penyihir desa tidak jarang mereka hanya bisa mengingat satu mantra. Meski mereka cuman bisa mengigat satu atau dua mantra, mereka masih membutuhkan grimoire (Buku kumpulan mantra sihir) jikalau tiba-tiba mereka lupa tentang mantranya saat mereka membutuhkan.

Namun dari semua penyihir yang menekuni ilmu sihir di masa itu, ada satu anak yang berbeda dari penyihir kebanyakan. Seorang jenius yang memiliki kecerdasan luar biasa dan kemampuan mengingat yang menakjubkan yang dikenal dengan nama Invoker. Di masa mudanya, penyihir yang dewasa sebelum waktunya ini tidak hanya empat, lima atau tujuh mantra. Dia bisa mengingat tak kurang dari sepuluh mantra dan merapalkannya secara instan. Sebenarnya Invoker tahu dan mempelajari lebih banyak mantra dari ini, tapi kebanyakan mantra-mantra tersebut tidak berguna. Jadi dia hanya mempelajarinya sekali dan menghapus mantra tidak berguna tersebut dari ingatannya untuk selamanya. Satu dari mantra yang sengaja dilupakan Invoker bernama "Sempiternal Cantrap"--sebuah mantra umur panjang yang luar biasa, bagi mereka yang merapalkan mantra ini di hari pertama dunia terbentuk, mereka masih tetap bersama kita, dengan kata lain memiliki umur yang sangat panjang dan awet muda. Kebanyakan dari manusia yang "semi abadi" ini hidup dengan tenang dan takut untuk mengakui rahasia mereka. Tapi Invoker bukanlah seseorang yang bisa menyimpan bakat/hadiah yang dimilikinya. 


Invoker itu berumur panjang, bisa dibilang makhluk kuno peninggalan masa lalu, dengan kecerdasan dan usianya yang sangat panjang, bisa dibilang Invoker telah belajar lebih banyak daripada siapapun. Dan ingatannya entah bagaimana masih memiliki ruang untuk menyimpan rasa bangga tentang bakat yang dimiliknya dan betapa berharga dirinya, dan juga mantra-mantra lain yang berguna untuk menghibur dirinya dalam melalui senja yang panjang di hari-hari 



Kesimpulan dari Lore diatas :
(Isi dari kesimpulan ini sama dengan terjemahan di atas, cuman disini gw ngejelasin dengan bahasa gw sendiri)

Jadi Invoker ini telah ada sejak zaman dahulu kala. Sejak manusia menemukan dan memanfaatkan sihir, baik sebagai alat yang membantu kehidupan maupun alat pertarungan. Dan di masa awal ini, bentuk sihir terkuat adalah sihir dengan ingatan. Sihir yang bisa dilakukan tanpa perantara atau alat apapun, seperti tongkat ataupun buku. Cuman dengan merapalkan mantra, dan bam! Tornadopun terbentuk. Dan juga segala macam bentuk ritual itu cuman alat bantuan buat mengingat mantra-mantra yang terlupa.

Jadi karena bentuk terkuat sihir adalah seni ingatan (seni dalam mengingat sesuatu dengan cepat dan dalam waktu yang lama), penyihir terkuat saat itu adalah ia yang memiliki ingatan paling hebat. Ia yang bisa mengingat dan merapalkan mantra-mantra rumit dengan mudahnya.

Dan dimasa ini rata-rata manusia cuman bisa mengingat maksimal empat mantra. Empat mantra ini juga kalau penyihir tersebut mencurahkan seluruh hidupnya cuman untuk mempelajari ilmu sihir. Kalau penyihir biasa cuman bisa mengingat 2 mantra. Dan penyihir kecil (biasanya penyihir desa, kayak yang ngejaga desa) cuman tahu satu mantra. Dan mereka masih butuh buku mantra yang selalu mereka bawa kalau-kalau mereka lupa.

Dan dari semua penyihir yang ada di masa itu, muncullah seorang jenius. Memiliki kecerdasan luar biasa dan kemampuan ingatannya jauh melebihi penyihir lain yang ada di masanya. Pada saat ia masih remaja, ia sudah menguasai tak kurang dari sepuluh mantra. Sebenarnya yang dia tahu lebih banyak dari itu, namun karena nggak terlalu berguna dia memilih buat menghapus mantra tersebut.

Dan mantra yang bisa membuat Invoker kelihatan abadi, alias berumur panjang adalah salah satu dari banyaknya mantra yang dilupakan oleh Invoker, dan mantra ini bernama "Sempiternal Cantrap".
Mantra ini adalah mantra awet muda paling kuat yang bahkan manusia yang merapalkan mantra ini di awal terciptanya dunia, masih hidup sampai sekarang. Karena mantra ini cuman perlu diucapkan sekali dan Invoker memang tak berniat untuk mengingat mantra ini, mantra ini bisa dibilang telah hilang ditelan zaman. Dan beberapa manusia yang juga tahu tentang Sempiternal Cantrap ini telah melupakan mantra ini. Dan mereka, para "semi abadi" (Gw sebut disini semi abadi karena mereka ga sepenuhnya abadi, namun mereka berumur sangat panjang sehingga kelihatannya abadi) memilih untuk hidup tenang dan jauh dari keramaian untuk menjaga rahasia umur panjang mereka.

Umur Invoker sangatlah panjang, bisa dibilang dia adalah peninggalan kuno. Dengan umur yang panjang dan kejeniusan luar biasa, bisa dibilang Invoker telah belajar dan mengetahui lebih banyak dari semua manusia yang ada di bumi. Dan dia masih punya ruang buat menyombongkan diri tentang kecerdasan dan betapa berharga dirinya. Dan ia juga masih mengingat mantra-mantra yang bisa menghiburnya melewati senja yang panjang di akhir dunia.

Jadi disini tingkatan penyihir itu (dari yang paling rendah) : Mage < Wizard < Magus < Grand Magus



Beberapa fun facts tentang Invoker :

  • Hanya ada beberapa hero yang kenal dan tahu nama asli Invoker di masa lalu, yaitu Undying, Rubick, Skywrath dan Lone Druid.
  • Invoker adalah salah satu manusia yang berusia panjang di Dota. Seperti di ceritakan di atas, Invoker telah merapalkan dan menguasai mantra Sempiternal Cantrap yang bisa memberikan umur panjang dan awet muda.
  • Dan di dunia Dota, manusia umur panjang biasanya ditandai dengan telinga yang memanjang. 
  • Kesombongan Invoker bisa dilihat dengan jelas dari quote-quotenya.
  • Penasaran dengan apa itu sebenarnya Quas, Wex dan Exort? Siap-siap kecewa karena itu sebenarnya ga berarti apa-apa. Quas mewakili huruf Q, Wex mewakili huruf W dan Exort mewakili huruf E.
  • Di Dota 1, Invoker memiliki 26 spell. Lo bisa bayangin seribet apa main Invoker di masa lalu. Tentang list 26 spell Invoker bakal gw post di Facebook
  • Aurel, Gyrocopter mengatakan bahwa usia Invoker adalah 100x dari usianya dia. Namun sayangnya kita ga tau berapa usia Aurel. Jika dari penampilannya dia berusia sekitar 70 tahun, dan bisa diasumsikan Invoker berusia 7000 tahun. Bisa lo bayangin tu Invoker 7000 tahun ngapain aja.
  • Arsenal Magus adalah nama yang diberikan Rubick kepada Invoker di masa lalu. Kenapa Arsenal Magus? Karena Arsenal berarti gudang senjata. Dan Invoker bisa dibilang gudang dari segala macam mantra sihir.



Invoker skill's lore

Lorenya invoker bisa dibilang lumayan menarik, tapi sayangnya ga ada keterangan yang terlalu berarti di keterangan spell-spellnya Invoker. Bahkan empat spell utamanya Invoker, Quas, Wex dan Exort ga ada keterangan apa-apa. 

Skill Invoker bakal dibagi jadi dua bagian, yang pertama yaitu :

Main Abilities : 
Berfungsi sebagai reagen, alias bahan reaksi.

Quas
Quas icon.png

  • Quas mewakili elemen es. Jika diaktifkan memberikan regen hp tambahan
  • Spell yang mengandung Quas biasanya memiliki efek untuk ngeslow lawan
  • Di dalam dunia Dota, Es identik dengan HP regen dan slow.
  • Quas, mewakili huruf Q di keyboard.

Wex
Wex icon.png

  • Wex mewakili elemen petir. Jika diaktifkan memberikan bonus attack speed dan movement speed.
  • Spell yang mengandung wex seharusnya memiliki efek meningkatkan attack speed ataupun movement speed.
  • Di dalam dunia dota, petir identik dengan kecepatan.
  • Wex mewakili huruf W di keyboard.

    Exort
    Exort icon.png
    • Exort mewakili elemen api. Jika diaktifkan memberikan bonus damage.
    • Spell yang mengandung Exort biasanya memiliki damage yang besar. Dan spell ini merupakan sumber damage terbesar Invoker
    • Di dalam dunia dota, api identik dengan damage besar.
    • Exort mewakili huruf E di keyboard.


    Invoke

    Invoke icon.png

    Dan mulailah era baru dari ilmu pengetahuan
    • Perhatikan lambang Invoke. Ini adalah lingkaran penciptaan spell-spellnya Invoker. Di bagian atas ada Exort, kiri Quas dan kanan Wex


    Invoked Abilities :

    Spell hasil dari penggabungan reagen. Jika dibaca dari lorenya, Invoker bukanlah pencipta

    Overview spellnya Invoker


    Cold Snap
    Cold Snap icon.png
    Sadron's Protracted Frisson

    • Sadron adalah nama penyihir pencipta Cold Snap
    • Mungkin dahulu saat Invoker masih belajar, nama spell ini adalah Protracted Frisson, namun karena terlalu panjang, disingkat jadi Cold Snap.
    • Tapi kadang Invoker masih ngomong "Sadron's Protracted Frisson" saat ngecast Cold Snap
    • Cara kerja Cold Snap adalah dengan menghisap seluruh panas yang dimiliki oleh musuh dan membuat mereka membeku saat menerima damage.



    Ghost Walk
    Ghost Walk icon.png
    Myrault's Hinder-Gast

    • Myrault adalah nama orang. Pencipta Ghost Walk
    • Hinder-Gast sendiri adalah bahasa jerman, dimana hinder artinya menghalangi dan Gast berarti tamu. Tapi bisa jadi Gast ini salah ketik, mungkin awalnya mau ngebikin Geist, karena Geist adalah bahasa Jerman dari Hantu. Kalau keterangannya Hinder-Geist, berarti ini masuk akal karena Hinder Geist berarti hantu yang menghalangi jalan.
    • Cara kerja Ghost Walk adalah dengan memanipulasi listrik dan es yang ada di udara. Membuat lawan melambat dan Invoker menjadi cepat. Dan juga membuat lawan nggak bisa ngeliat Invoker.


    Ice Wall
    Ice Wall icon.png
    Killing Wall of Koryx

    • Koryx adalah nama penyihir. Pencipta ice wall.
    • Killing wall berarti dinding pembunuh. Tapi cukup aneh kenapa ini dinamakan dinding pembunuh karena di dalam game, Invoker menggunakan ice wall untuk ngeslow, bukan untuk damagenya.  

      EMP
      EMP icon.png

      Endoleon's Malevolance Perturbation

      • Endoleon adalah nama penyihir pencipta EMP
      • Malevolance Perturbation bisa diartikan sebagai "kekacauan yang memiliki maksud jahat"
      • EMP sendiri memiliki banyak kepanjangan, dari banyaknya line yang diucapkan Invoker saat ngecast EMP


      Tornado
      Tornado icon.png
      Claw of Tornarus

      • Tornarus adalah pencipta Tornado
      • Claw of Tornarus berarti "cakarnya Tornarus"


      Alacrity
      Alacrity icon.png

      Gaster's Mandate of Impetuous Strife
      • Pencipta Alacrity bernama Gaster
      • Mandate of Impetuous Strife jika diartikan secara kasar berarti ketidaksabaran atau terlalu terburu-buru dalam melakukan sesuatu
      • Yang berarti cukup masuk akal karena Alacrity meningkatkan damage dan attack speed




      Sun Strike
      Sun Strike icon.png
      Harlek's Incantation of Incineration
      • Pencipta Sun Strike bernama Harlek
      • Incantation of Incineration mantera pembakaran



      Forge Spirit
      Forge Spirit icon.png
      Culween's Most Cunning Fabrication
      • Culween adalah pencipta spell yang bernama Forge Spirit
      • Most Cunning Fabrication berarti Ciptaan yang paling licik
      • Sepertinya Culween ini ahli dalam spell yang khusus untuk memanggil spirit, dan forge spirit adalah spell terkuat yang dia punya.


        Chaos Meteor
        Chaos Meteor icon.png

        Tarak's Descent of Fire

        • Khusus untuk Chaos Meteor, sepertinya Chaos Meteor memiliki dua orang pencipta
        • Karena Invoker menyebutkan dua nama saat ngecast Chaos Meteor, yaitu :
          • Tarak's Descent of Fire
          • Gallarak's Abyssal Carnesphere
        • Jadi disini ada Tarak dan Gallarak. Kemungkinan mereka berdua bersaudara dan menciptakan Chaos meteor
        • Descent of Fire berarti Sumber api. 
        • Dan Abyssal Carnesphere Berarti bakso dari neraka.
        • Bakso? ga salah artinya bakso? Carne dalam bahasa portugal berarti daging dan sphere dalam bahasa inggris berarti bola. Jadi Carnesphere bisa diartikan sebagai meatball atau bakso
        • Karena ga cuman di Indonesia aja, Meteornya Invoker juga biasa disebut bakso di eropa dan amerika.



        Deafening Blast
        Deafening Blast icon.png

        Buluphont's Aureal Incapacitator
        • Buluphont adalah pencipta Deafening Blast
        • Deafening Blast berarti "Ledakan atau tiupan yang membuat tuli"
        • Sedangkan Aureal Incapacitator berarti "aurora yang melumpuhkan"
        • Kenapa Aurora? Deafening Blast diberi nama aurora karena deafening blast berwarna-warni seperti Aurora.



        Hidden Council and Insubstantial Eleven

        Jadi semua spell Invoker aslinya bukanlah ciptaan Invoker. Invoker hanya mempelajari dan mengumpulkan semua spell yang menurutnya berguna.

        Dan dari keterangan di atas, ada 11 nama penyihir yang disebut oleh Invoker, mereka yaitu :

        • Sadron
        • Myrault
        • Koryx
        • Endoleon
        • Tornarus
        • Gaster
        • Harlek
        • Culween
        • Gallaron
        • Tarak
        • Bulluphont

        Siapakah mereka? dan disini ada 11 penyihir, apakah kalian mengingat sesuatu?
        Jika kita lihat lagi di lore Rubick, ada yang dinamakan dengan "Insubstantial Eleven"

        Mengutip lorenya Rubick :
        "Merasa nyeri namun bahagia dengan "festival" ini. Tidak ada satupun yang memiliki kekuatan untuk memprotes saat dia mengajukan petisinya ke Hidden Council, dan Insubstantial Eleven setuju untuk memeberikan titel "Grand Magus" kepada Rubick."

        Insubstantial Eleven adalah sebelas penyihir anggota Hidden Council yang memberikan gelar Grand Magus kepada Rubick. apakah penyihir yang disebut oleh Invoker merujuk kepada Insubstantial Eleven? atau mereka ga ada hubungan sama sekali?

        Untuk hal ini murni cuman pemikiran gw, karena dalam lorenya Invoker sama sekali ga ada menyinggung info tentang Insubstantial Eleven. Namun gw yakin 99% 11 penyihir di spellnya Invoker adalah Insubstantial Eleven. Namun masih menjadi misteri apakah mereka juga berumur panjang atau tidak.



        Seperti biasa, ada quote sebelum ditutup, dan Invoker adalah hero yang menurut gw punya quote yang keren-keren

        Saat ngebunuh lawan :
        • Play Did i hear a squeak? (Apakah aku mendengar sesuatu?) 
        • Play I must have stepped on something (Kayaknya aku menginjak sesuatu)
        • Play Whatever that was, twas scarcely worth my notice (Apapun itu, (Namun apapun itu, itu ga butuh perhatianku) Jadi dia ngebunuh lawan itu kayak ngebunuh semut. Anggap lo lagi jalan, terus kepijak semut. Lo pasti ga peduli dan cuman bilang "Oh semut, yaudah sih" dan terus jalan lagi
        • Play You were no match for my powers. But then, who is? (Lo nggak bakal sanggup menghadapi kekuatanku, tapi kalau lo nggak sanggup, terus siapa?)
        • Play The Universe depends on what i can think of it (Alam semesta tergantung dari apa yang kupikirkan)

        Dan quote Invoker favorit gw,
        • Play Whosoever stands against me, stands briefly (Siapapun yang berani berhadapan denganku, takkan bertahan lama) 

        Segitu dulu Post tentang Invoker, Next gw bakal ngepost Manusia Abadi selanjutnya, yaitu Undying!!


        Jangan lupa buat ngelike FP  facebook.com/hiimuradota/
        Supaya nggak ketinggalan update terbaru dan juga beberapa info2 maupun video singkat yang nggak bakalan ada di blog.

        17 comments:

        1. Woah
          Makasih banget Gan udah di post Invoker, ga sia sia, puas abis!
          Lanjutkan Gan! Ane support terus blog ini!
          *Jangan kelamaan off yak 😂

          ReplyDelete
        2. Memang the best nih website , mangat thor

          ReplyDelete
        3. emang di baca dari quote'x sombongnya lvl99.
          mantap gan lanjut terus..

          ReplyDelete
        4. Keren bro,sumpah sombong bgt ini kael

          ReplyDelete
        5. Bagus gan, thanks ya udh dibuatin.

          ReplyDelete
        6. Selamat Datang Di DewaAduQ dengan tingkat kemenangan hingga 94% bos
          Selamat Datang Di DewaAduQ, Dilayani Oleh Customer Service yang siap melayani anda selama 24jam Non-Stop loh bos
          dan dengan tingkat kemenangan hingga 94% bos

          1 User ID untuk 7 game
          Minimal Deposit kami Hanya sebesar Rp 10.000,- & Minimal Withdraw kami Rp 20.000,-
          HOT PROMO wwwDewaAduQcom yaitu :
          BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP Harinya ( jam 14.30 wib )
          BONUS REFERRAL 20% SEUMUR HIDUP
          BCA - Mandiri - BNI - BRI - Danamon
          Ayoo Segera Bergabung dengan kami Hanya di:
          Link resmi : wwwDewaAduQcomLink alternatif : wwwDewaAduQnet
          Csdewaaduq@gmail.com

          ReplyDelete
        7. ​​​​​​​​​​​​​​Kami dari asiadominoqq.com , menyediakan 7 permainan Poker Online seperti :
          - Poker
          - Domino
          - Capsa susun
          - Adu Q
          - Bandar Q
          - Bandar Poker
          - Sakong

          Dengan bonus menarik:
          - Promo bonus Turnover 0.5%
          - Promo bonus refferal 20%

          Info lebih lanjut hubungi 
          Kontak ASIADOMINOQQ
          BBM = D86C03A1
          LINE = asiadominoqq
          WECHAT = asiadominoqq
          WA = +85592985424
          EMAIL - asiadominoqq@GMAIL.COM
          atau bisa ke LIVECHAT kami yang online 24jam

          ReplyDelete
        8. "Selamat Datang Di DewaAduQ, Dilayani Oleh Customer Service yang siap melayani anda selama 24jam Non-Stop loh bos
          dan dengan tingkat kemenangan hingga 94% bos
          ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
          ☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆*1 User ID untuk 7 game*☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
          ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
          Minimal Deposit kami Hanya sebesar Rp 10.000,- & Minimal Withdraw kami Rp 20.000,-
          HOT PROMO wwwDewaAduQcom yaitu :
          ⇨ BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP Harinya ( jam 14.30 wib )
          ⇨ BONUS REFERRAL 20% SEUMUR HIDUP
          ⇨ BCA - Mandiri - BNI - BRI - Danamon
          Ayoo Segera Bergabung dengan kami Hanya di:
          Link resmi : wwwDewaAduQcomLink alternatif : wwwDewaAduQnet"

          ReplyDelete
        9. https://wsdsite.wordpress.com/2017/11/18/kumpulkan-pasukan-ini-instruksi-dari-anies-untuk-antisipasi-banjir/

          ReplyDelete
        10. "Selamat Datang Di DewaAduQ, Dilayani Oleh Customer Service yang siap melayani anda selama 24jam Non-Stop loh bos
          dan dengan tingkat kemenangan hingga 94% bos
          ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
          ☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆*1 User ID untuk 7 game*☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
          ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
          Minimal Deposit kami Hanya sebesar Rp 10.000,- & Minimal Withdraw kami Rp 20.000,-
          HOT PROMO wwwDewaAduQcom yaitu :
          ⇨ BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP Harinya ( jam 14.30 wib )
          ⇨ BONUS REFERRAL 20% SEUMUR HIDUP
          ⇨ BCA - Mandiri - BNI - BRI - Danamon
          Ayoo Segera Bergabung dengan kami Hanya di:
          Link resmi : wwwDewaAduQcomLink alternatif : wwwDewaAduQnet"

          ReplyDelete
        11. Selamat Datang Di 7LiveBet Situs Betting Terbaik Dan Terpercaya
          Dapatkan Hot Promo Hanya Di 7LiveBet(.)COM :
          * HOT PROMO NEW MEMBER
          * BONUS TURNOVER POKER 0.3%
          * BONUS CASHBACK SPORTBOOK 15%
          * PROMO UANG TUNAI 5JT
          * BONUS REFERRAL 5% SEUMUR HIDUP
          BCA - MANDIRI - BNI - BRI
          Link Resmi : www(.)7LiveBet(.)com
          Link Alrternatif : www(.)7LiveBet(.)Asia

          UNTUK INFO SELENGKAPNYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
          PIN BBM DC71D9A0
          LINE : 7LIVEBET
          WECHAT : 7LIVEBET
          WA +6281271235854
          LIVECHAT 24 JAM

          ReplyDelete
        12. SELAMAT DATANG DI WWW(.)WSD4D(.)NET
          Togel Online | Togel SGP | Togel HKG | Judi Online | Judi Bola
          1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
          - SPORTSBOOK
          - TOGEL
          - 6 GAME POKER
          - Casino
          - Sabung ayam
          - Tangkas
          - Slotgame
          - Habanero
          - Tembak ikan
          - Batu goncang
          - dan game lainnya

          BONUS YANG MENARIK DARI WSD4D(.)NET
          - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTSBOOK
          - BONUS NEXT DEPOSIT 10%
          - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
          - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI UP TO 20,000
          - DISKON TOGEL 2D : 29% | 3D : 59% | 4D : 65%
          - BONUS CASHBACK UP TO 15% SPORTSBOOK
          - BONUS CASHBACK SABUNG AYAM 5% UP TO 10%
          - BONUS CASHBACK GAMES & TANGKAS 20%
          - LIVE CASINO ROLLINGAN 0,8% (NO LIMIT)
          - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
          - BONUS REFFERAL 2%

          MIN DEPO & WD CUMA Rp.50.000,-
          BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
          UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
          LIVECHAT WSD4D(.)COM YANG ONLINE 24 JAM
          Pin BBM : D887ECDB
          LINE : wsd_4d
          WECHAT : wsd_4d
          SKYPE : VINA WSD
          WA : +855964903955



          Togel Online
          Slot Games
          Live Casino
          Sportsbook
          Sabung Ayam
          Poker & Domino
          Prediksi Bola
          Prediksi Togel
          SELAMAT DATANG DI WWW(.)WSD4D(.)NET

          Togel Online | Togel SGP | Togel HKG | Judi Online | Judi Bola
          1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
          - SPORTSBOOK
          - TOGEL
          - 6 GAME POKER
          - Casino
          - Sabung ayam
          - Tangkas
          - Slotgame
          - Habanero
          - Tembak ikan
          - Batu goncang
          - dan game lainnya

          BONUS YANG MENARIK DARI WSD4D(.)NET
          - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTSBOOK
          - BONUS NEXT DEPOSIT 10%
          - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
          - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI UP TO 20,000
          - DISKON TOGEL 2D : 29% | 3D : 59% | 4D : 65%
          - BONUS CASHBACK UP TO 15% SPORTSBOOK
          - BONUS CASHBACK SABUNG AYAM 5% UP TO 10%
          - BONUS CASHBACK GAMES & TANGKAS 20%
          - LIVE CASINO ROLLINGAN 0,8% (NO LIMIT)
          - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
          - BONUS REFFERAL 2%

          MIN DEPO & WD CUMA Rp.50.000,-
          BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
          UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
          LIVECHAT WSD4D(.)COM YANG ONLINE 24 JAM
          Pin BBM : D887ECDB
          LINE : wsd_4d
          WECHAT : wsd_4d
          SKYPE : VINA WSD
          WA : +855964903955



          Togel Online
          Slot Games
          Live Casino
          Sportsbook
          Sabung Ayam
          Poker & Domino


          Prediksi Bola
          Prediksi Togel


          Cerita Mesum
          Cerita Seks
          Cerita Dewasa
          Video Bokep
          Video Dewasa
          Video Seks

          Cerita Mesum
          Cerita Seks
          Cerita Dewasa
          Video Bokep
          Video Dewasa
          Video Seks

          ReplyDelete


        13. Artikel yang sangat Bagus dan Bermanfaat.. Update terus dan sukses selalu ya Gan
          Cek Juga di WWW.7BETASIA.COM
          1 USER ID SUDAH BISA BERMAIN SEMUA PERMAINAN
          SPORTBOOK, TOGEL, LIVE CASINO, POKER, SABUNG AYAM, SLOT GAME, TEMBAK IKAN, TANGKAS :
          Promo Terbaru dari 7BETASIA
          - Minimal Deposit Rp 50.000
          - Minimal Withdraw Rp 50.000
          - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTBOOK
          - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
          - BONUS DEPOSIT 10% ALL-GAMES
          - BONUS DEPOSIT SABUNG AYAM 10%
          - BONUS CASHBACK MIXPARLAY 100%
          - BONUS ROLLINGAN LIVECASINO 0.8%
          - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
          - BONUS REFFERAL 1%
          BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
          UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
          LIVECHAT TOGELSYD88.COM 24 JAM ONLINE
          Pin BBM : D8DC9CC9

          Bola Online
          Taruhan Online
          Taruhan Bola Online
          Taruhan Bola
          Sportsbook
          Agen Bola
          Agen Taruhan Bola
          Agen Bola Online
          Agen Bola Terpercaya
          Zona Bola Terpercaya
          Togel Online
          Togel Mania
          Togel Terpercaya
          Togel Terbaru
          Prediksi Togel
          Prediksi Jitu
          Angka Main
          Keluaran Hongkong
          Keluaran Sydney
          Keluaran Singapore
          Lokasi Dewasa
          Cerita Sex Terbaru
          Cerita Dewasa

          ReplyDelete
        14. Cari Situs Judi Online yang fair ?
          No BOT - No ADMIN dan murni PLAYER vs PLAYER
          Solusinya hnya di CrownQQ AGEN BANDARQ TERBAIK TERPERCAYA
          Bonus Refferal 20%
          Bonus Turn Over 0,5%
          Hanya dengan nominal deposit 20ribu sudah bisa bermain 8 game
          Dan raih jackpot puluhan sampai ratusan juta setiap harinya..
          WHATSAPP : +855967646513
          PIN BB : 2B382398

          ReplyDelete
        15. JACKPOT GAME SAKONG

          PIN BBM : 2AE48042
          Bonus TO 0,3% Setiap 5 Hari Sekali ( Tanpa Syarat )
          Bonus Refferal 15% (Seumur Hidup)

          Website link alternatif :

          - Mejasahabat,com
          - Mejasahabat,net
          - Mejasahabat,org
          - Mejasahabat,info

          ReplyDelete

        Powered by Blogger.